Rabu, 13 April 2011

RPP Instalasi Sound System


Logo%20Banjar-BWPEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA

                             DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMK NEGERI 2 BAWANG
Jl. Raya Mantrianom No. 75 Telp./Fax. (0286) 597070 Bawang  Banjarnegara 53471
e-mail : smk2bawang@yahoo.co.id          website : www.smkn2bawang.com   
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 2 BAWANG
MATA PELAJARAN            : PRODUKTIF TAV
KELAS / SEMESTER           : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Instalasi Sound System
KOMPETENSI DASAR       : 1. Mengidentifikasi bagian-bagian danfungsi dari sound system
                                                  2. Memperhitungkan pengaruh arah speaker
INDIKATOR                         :  1. Memahami diagram blok sound sistem
2. Memahami fungsi masing-masing diagram blok sound sistem
3. Menghitung penguatan sound sistem dalam ruangan
4. Mengkalkulasi penguatan untuk ruangan ukuran menengah
5. Menghitung tata suara di ruang ceramah menengah
6.Memasang system distribusi di dalam ruangan besar
7. Menyebutkan pengaruh arah speaker
ALOKASI WAKTU              : 16 JP x 45 menit
PERTEMUAN KE                 : 1 dan 2

I.       TUJUAN
Siswa dapat:
1. Memahami diagram blok sound sistem
2. Memahami fungsi masing-masing diagram blok sound sistem
3. Menghitung penguatan sound sistem dalam ruangan
4. Mengkalkulasi penguatan untuk ruangan ukuran menengah
5. Menghitung tata suara di ruang ceramah menengah
6.Memasang system distribusi di dalam ruangan besar
7. Menyebutkan pengaruh arah speaker

II.    MATERI POKOK
1. Diagram blok sound sistem
2. Fungsi masing-masing diagram blok sound sistem
3. Perhitungan penguatan sound sistem dalam ruangan
4. Kalkulasi penguatan untuk ruangan ukuran menengah
5. Perhitungan tata suara di ruang ceramah menengah
6.Sistem distribusi di dalam ruangan besar
7. Perilaku suara dalam ruangan (akustik ruangan)

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi
4.      Praktik

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
1.      Salam pembuka.
2.      Siswa mencermati modul.
3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru.
2.      Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan diagram blok sound sistem
2. Guru menjelaskan fungsi masing-masing diagram blok sound sistem
3. Guru menjelaskan perhitungan penguatan sound sistem dalam ruangan
4. Guru menjelaskan kalkulasi penguatan untuk ruangan ukuran menengah
5. Guru menjelaskan perhitungan tata suara di ruang ceramah menengah
6. Guru menjelaskan sistem distribusi di dalam ruangan besar
7. Guru menjelaskan perilaku suara dalam ruangan (akustik ruangan)
3.      Kegiatan Penutup
1.      Siswa bertanya tentang materi yang belum dimengerti
2.      Guru menyimpulkan materi tentang bagian-bagian dan fungsi dari sound system dan pengaruh arah speaker
3.      Guru menutup pelajaran

V.    MATERI PELAJARAN
1.      Blok diagram sound system


     2. Fungsi masing-masing bagian blok sound system
a.    Sumber input : mic, radio, tape, vcd/dvd
b.   Pre amp mic : menguatkan sinyal dari mic
c.    Pre amp head : menguatkan sinyal dari headplayer
d.   Tone control : pengatur nada
e.    Equalizer : penyelaras nada
f.    Power amplifier : pengual sinyal
g.   Speaker : penguat sinyal
3. Perhitungan penguatan sound untuk ruangan
4. Perhitungan tatasuara untuk ruangan menengah

 
5. Perhitungan tata suara di ruang ceramah menengah


6. Sistem distribusi di dalam ruangan besar
7.Perilaku suara dalam ruangan

VI.  ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR

A. Alat Bahan: perangkat input audio, mixer  audio, equalizer, power amplifier, speaker

B. Sumber Belajar       : modul





VII.   PENILAIAN

1.      Praktik



2 komentar:

Alfith,S.Pd,M.Pd mengatakan...

salam kenal, saya guru di smk negeri 1 koto xi tarusan, Pesisir Seltan Sumatera Barat.
Bisa minta Pertemuan selanjutnya Pak, kirim ke email saya saja Pak : alfith.st.tumangguang@yahoo.com.
Terimakasih sebelumnya

Irma Suryani mengatakan...

Bisa minta tolong pertemuan selanjutnya pak?Saya Bisa dkirim ke email saya ayyashaulia@gmail.com. Terimakasih sebelumnya

Poskan Komentar